Call NowWA Chat
bahan kulit sintetis

Penggunaan Kulit Sintetis Sebagai Bahan Pembuatan Jaket

Bahan kulit sintetis merupakan salah satu bahan pembuatan jaket yang populer di Indonesia. Selain harga yang murah, perawatannya juga lebih mudah dibandingkan dengan jaket dari bahan kulit alami. Belum lagi, secara visual, jaket ini memiliki penampilan layaknya kulit asli.

Jaket sendiri merupakan pakaian luar yang memiliki panjang hingga pinggang untuk melindungi pengguna dari udara dingin. Jaket ini terbuat dari bahan sintetis yang mampu meniru penampilan kulit binatang alami. Istilah lain untuk jaket sintetis ini adalah jaket semi-kulit atau jaket kulit imitasi.

Karakteristik Jaket dari Bahan Kulit Sintetis

Bahan kulit sintetis

Selain harga lebih murah dan perawatan lebih mudah, kulit sintetis ini juga bisa dipilih karena karakternya. Salah satunya adalah memiliki tekstur  yang lembut. Jadi ketika disentuh, jaket kulit sintetis ini akan terasa nyaman.

Selain itu, dari segi teksturnya, bahan ini hampir mirip dengan kulit asli. Meskipun dari sisi aroma sangat berbeda. Jika kulit asli beramoma penyamakan, maka jaket kulit sintetis tidak berbau. Sebagian besar jenis jaket kulit sintetis akan memiliki bau yang mirip dengan polimer kimia atau bau yang mirip dengan karet.

Kelebihan Penggunaan Kulit Sintetis Untuk Jaket

Bahan kulit sintetis

Kulit sintetis merupakan salah satu bahan untuk pembuatan pakaian mulai dari celana, rok, hingga jaket. Bahan ini merupakan inovasi yang menggantikan bahan kulit alami untuk pakaian. Karena merupakan bahan dari pabrik, maka lebih mudah menemui produk tersebut dan tidak selangka kulit alami.

Sebagai bahan pembuatan pakaian dan jaket, kulit sintetis ini memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah lebih mudah diwarnai. Warna ini juga tidak mudah pudar meski terkena sinar matahari. Karena hal inilah, maka bahan ini banyak disukai. Kelebihan-kelebihan lainnya bisa adalah sebagai berikut ini :

  • Perawatan yang lebih mudah daripada kulit asli.
  • Tidak mudah kotor karena sifatnya yang tidak menyerap
  • Secara umum, varian warna dan tekstur lebih banyak dan beragam dari kulit asli

Di sisi lain, bahan sintetis juga mudah untuk dibuat menjadi berbagai desain dan model jaket. Penambahan aksesori juga turut membantu dalam penyempurnaan produk tersebut. Itulah keistimewaan dan kelebihan dari bahan sintetis untuk jaket tersebut.

Kekurangan Kulit Sintetis Untuk Jaket

Bahan kulit sintetis

Sebagai produk bahan jaket yang dibuat di pabrik dari bahan sintetis, maka sifatnya berbeda dari kulit asli. Permukaan kulit ini mudah retak. Apalagi jika sudah dipakai cukup lama, kulit sintetis umumnya tidak nyaman lagi dipakai. Permukaannya juga menjadi tidak mengkilap seperti kulit asli.

Di samping itu, aroma karet dari kulit sintetis ini juga banyak tidak disukai. Karenanya, dari sisi kualitas, jaket ini kurang istimewa dibandingkan dari kulit asli sebagai bahan jaket.

Namun, sebagai solusi ada beberapa cara dalam merawat jaket tersebut. Langkah-langkah yang bisa diambil untuk menjaga kualitas jaket dari kulit sintetis adalah sebagai berikut ini :

  • Kurangi penggunaan di bawah sinar matahari langsung => Jaket sintetis ini biasanya terbuat dari bahan berlapis polyester. Bahan ini sangat berbahaya jika sering terkena sinar ultraviolet atau sinar matahari. Karena itu, kurangi penggunaan jaket sintetis saat bawah terik matahari.
  • Simpan jaket sintetis di tempat yang kering => Cara ini akan membantu jaket dari bahan kulit sintetis lebih awet.  Jangan sekali-kali simpan di tempat yang lembab dan dalam kondisi terlipat.


Produsen Dan Grosir

Lantai dasar 2 blok K 73 pasar baru Kec.Andir,
Kota Bandung Jawa Barat, 40111.
Phone: (+62) 812-2406-7475
Email: info@vordavo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *