Call NowWA Chat
bahan jaket

Berbagai Bahan Pembuatan Jaket Yang Berkualitas

Bahan jaket sangat beragam. Mulai dari tekstur kain, ketebalan, hingga warnanya bisa dipilih sesuai kebutuhan maupun keinginan. Beberapa diantaranya bisa ditemui di konveksi yang merupakan tempat pembuatan jaket dengan mutu yang berkualitas. Untuk membuat jaket terbaik, maka kenali dulu masing-masing bahan pembuatannya.

Contoh Bahan Jaket di Konveksi

bahan jaket

Mengenal material pembuatan jaket baik jenis dan cirinya sangat penting. Dengan demikian, maka akan bisa dihasilkan produk jaket yang menyajikan kenyamanan yang optimal. Berikut ini adalah contoh-contoh kain jaket yang mudah ditemui di konveksi-konveksi :

Bahan fleece

Bahan fleece

Bahan Fleece ini terbuat dari campuran cotton dan wol. Teksturnya halus dan lembut sehingga terasa nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Sedangkan sifat kainnya sendiri bisa menyerap air, empuk, dan hangat.

Penggunaan secara umum adalah untuk aktivitas di luar ruangan, bisa pula dipakai untuk melindungi tubuh saat udara dingin. Bahan ini cocok untuk pembuatan jaket hoodie, sweater, hingga jaket varsity. Jenis-jenis bahan ini sendiri adalah :

  1. Cotton fleece, memiliki warna cerah dan bahan paling ringan dibanding kain fleece lain.
  2. Polar fleece, dibuat dari campuran polyester, katun, dan serat sintetik lainnya.
  3. Polyester fleece, dengan tekstur yang lebih kaku dan tampilan mengkilap dibandingkan jenis cotton fleece.
  4. CVC fleece, dubuat dari katun combed 55% dan viscose 45% dengan sifat kain yang menyerap keringat.

Bahan taslan

Bahan Taslan

Bahan taslan ini memilki karakter waterproof sehingga cocok sebagai bahan untuk jaket outdoor. Penggunaan secara umum adalah untuk jaket motor, jaket varsity hingga parka dan rompi yang populer di berbagai kalangan.

Bahan parasut

bahan parasut

Bahan parasut ini memiliki karakter kedap air dan juga anti angin. Namun karakter serat kain ini tidak bisa menyerap keringat. Penggunaannya yang paling umum adalah untuk jaket motor, jaket olahraga hingga jaket windrunner.

Bahan diadora

Bahan diadora

Bahan diadora ini banyak dipakai untuk pakaian yang berhubungan dengan olahraga. Secara visual, jaket ini terlihat mengkilap dengan karakter kain yang tebal. Dengan karakteristik bahannya, maka bahan ini dipakai untuk jaket olahraga yang ringan dan nyaman dipakai seharian.

Bahan lotto

bahan lotto

Hampir sama dengan diadora, bahan lotto ini bisa dibilang lebih tipis. Penggunaannya bisa untuk jaket olahraga maupun sweater yang terlihat sporty. Nama ini diambil dari sebuah merk terkenal Lotto populer di dunia.

Bahan adidas

bahan adidas

Bahan adidas ini merupakan bahan untuk jaket dan pakaian yang terlihat sporty. kain jaket ini merupakan bahan jersey yang hampir sama dengan bahan lotto. Bedanya, bahan ini agak kurang mengkilap meskipun ketebalannya sama.

Bahan baby terry

Bahan terry

Bahan baby terry ini termasuk yang paling nyaman dipakai di kulit. Dengan saya serap air tinggi maka cocok dipakai sebagai jaket untuk kegiatan seharian penuh. Penggunaannya selain untuk jaket dewasa juga bisa untuk sweater, hoodie atau jaket anak-anak.

Bahan hight twist

bahan hight twist

Pengunaan bahan hight twits ini paling umum adalah untuk jaket, semi jas, celana hingga balezer. Secara visual, jaket ini memiliki ciri khas mengkilap. Di  konveksi, akan ada banyak nama dan merk kain ini. Maka, tugas pertama sebelum membuat jaket adalah mengenal bahan dan memilihnya berdasarkan kualitas dan harga.

Bahan drill

bahan drill

Bahan drill ini bisa jadi produk jaket yang nyaman. Karakter kainnya menyerap keringat dan tekturnya halus ketika disentuh. Untuk jaket, bahan ini memberikan efek hangat ketika dipakai. Jadi, bisa dipakai sebagai ajaket motor yang melindungi tubuh dari angin.

Bahan kanvas

bahan kanvas

Bahan kanvas ini sering dipakai sebagai material jaket kasual dan semi formal. Banyak produk konveksi hingga distro yang memakai material ini untuk membuat jaket.

Bahan corduroy

Bahan kulit sintetis

Bahan corduroy ini terbuat dari serat kapas yang tebal dan dipuntir. Hasilnya adalah kain dengan tekstur yang halus dan berkualitas. Bahan ini khusus dipakai untuk pembuatan jaket, sweater, dan blazer wanita. Meskipun demikian, ada pula yang memakainya sebagai bahan pembuatan celana panjang.

Bahan denim

bahan jean terbaik

Selain untuk pembuatan celana jeans, materilal ini juga dipakai untuk pembuatan jaket, rompi, dan juga blazer. Karakter bahan yang tebal, awet dan warna unik menjadi kelebihan tersendiri dari bahan denim ini.

Bahan terry

bahan baby terry

Bahan terry ini sangat nyaman dipakai sebagai jaket dan pakaian hangat. Karakter kain cukup tebal namun tidak panas dipakai. Kain juga tidak berbulu sehingga bisa dipakai di iklim tropis di Indonesia yang cenderung panas.

Bahan mikro

Bahan teteron

Sebagai bahan untuk jaket, kain bahan mikro memiliki kelebihan tersendiri karena bisa menahan angin dan memberikan kehangatan saat dipakai. Khususnya bagi pengendara motor, kain ini menjadi favorit yang banyak dibuat di konveksi-konveksi.

Bahan kulit alami dan sintesis

Bahan kulit alami

Kelebihan dari bahan pembuatan jaket di konveksi ini  adalah bisa menahan resapan air. Bahan kulit sintetis ini banyak dipakai sebagai jaket motor yang bisa dibuat dari kulit asli maupun buatan.  Yang membedakan adalah harga dan kualitas. Namun keduanya sama-sama banyak dicari sebagai jaket kasual hingga semi formal.

Bahan tessa

bahan tessa untuk busana wanita

Bahan tessa ini sering dipakai untuk pembuatan jaket semi jas. Harganya cukup ekonomis dengan kualitas yang membuat nyaman pemakainya.

Bahan teteron

bahan teteron

Salah satu ciri khas bahan ini adalah adanya serabut yang mirip garis. Sifat bahan tidak menyerap keringat dan panas. Namun jika dipakai di cuaca cingin, bahan teteron ini bisa membuat tubuh tetap hangat.

Cara Memilih Bahan Jaket yang Terbaik dan Bekualitas

Bahan jaket

Ada banyak material jaket yang ditawarkan di konveksi-konveksi. Dengan demikian, maka tugas pertama untuk membuat jaket adalah memilih bahan yang tepat. Yang menjadi patokan bukan hanya masalah harga namun juga kualitasnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah tips dalam menentukan kain jaket yang terbaik :

  • Menyesuaikan dengan ukuran tubuh => Jangan membuat atau membeli jaket yang kebesaran atau kekecilan. Jaket yang kebesaran akan membuat jaket kurang hangat ketika dipakai. Sedangkan jika terlalu kekecilan, maka akan membuat kurang nyaman ketika bergerak.
  • Memilih model dan desain => Sesuaikan model dan desain sesuai kebutuhan. Bagi yang ingin membuat jaket untuk cuaca ekstrim, maka bisa dilengkapi dengan hoodie.
  • Memilih waterproof => material jaket yang satu ini direkomenaiskan untuk kegiatan petulangan dan kegiatan outdoor. Contohnya adalah pendakian, traveling hingga touring. Manfaatnya adalah bisa melindungi tubuh dari hujan maupun angin.
  • Menyesuaikan budget => Ada banyak jenis bahan untk membuat jaket. Harganya pun berbeda dengan kualitas yang berbeda pula. Tidak harus mahal, karena jaket yang terbaik didasarkan pada kenyamanan dan fungsionalnya.

Beberapa tips dan cara memilih bahan jaket di atas bisa diterapkan. Pilihlah bahan di konveksi untuk pembuatan jaket, terutama untuk seragam yang bisa didapatkan dengan harga lebih ekonomis dibandingkan dengan jaket distro. Semua bahan juga coock untuk pembuatan jaket dari anak-anak hingga dewasa. Jadi lenbih mudah memilih dengan banyaknya ragam variasi bahan pembuatan jaket.


Produsen Dan Grosir

Lantai dasar 2 blok K 73 pasar baru Kec.Andir,
Kota Bandung Jawa Barat, 40111.
Phone: (+62) 812-2406-7475
Email: info@vordavo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *